Peran orang tua dalam mendidik moderasi beragama pada anak di Pelang Mayong Jepara

Main Author: Ningrum, Aldita Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17950/1/Skripsi_1803016190_Aldita_Wahyu_Ningrum.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17950/
Daftar Isi:
  • Penelitian Kualitatif ini bersandar pada tiga jenis data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan riset melibatkan 8 orang, 4 orang tua dan 4 anak. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan moderasi beragama di dalam keluarga mendorong orang tua memainkan tiga peran yaitu: 1) peran sebagai model (uswatun hasanah), 2) peran sebagai pengawas, 3) peran sebagai pembimbing. Metode yang diterapkan oleh orang tua dalam memberikan moderasi beragama pada anak selaras dengan peran yang dimainkan. Pertama, metode pembiasaan di gunakan ketika orang tua memainkan peran sebagai panutan. kedua, medote pembiaran anak berinteraksi dengan teman sebayanya ketika orang tua menerapkan peran sebagai pengawas. ketiga, metode pemberian kesempatan anak bersosialisasi pada lingkungan sosial diterapkan ketiak orang tua memainkan peran sebagai pembimbing. Hasil riset ini merekomendasikan pentingnya literasi orang tua tantang peran dan metode yang harus diterapkan di dalam mendidik moderasi beragama pada anak di rumah dengan melihat perkembangan intelektual dan psikologi anak.