Daftar Isi:
  • dilatarbelakangi oleh adanya pertumbuhan pendapatan premi yang tembus Rp 20,7 triliun dalam lima tahun terakhir. Oleh sebab itu, maka kemudian diadakannya penulusuran dalam kajian ilmiah terkait dengan pertumbuhan di Asuransi Syariah Bumiputera Cabang Semarang khususnya mengenai produk asuransi yariah yaitu produk mitra mabrur (asuransi haji). Penelitian ini disandarkan pada dua rumusan masalah, yaitu bagaimana penerapan strategi pemasaran produk mitra mabrur (asuransi haji) di Asuransi Syariah Bumiputera Cabang Semarang dan apa saja kendala strategi pemasaran yang diterapkan produk mitra mabrur (asuransi haji) di Asuransi Syariah Bumiputera Cabang Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran dan kendala-kendala yang dihadapai dalam memasarkan produk mitra mabrur (asuransi haji) di Asuransi Syariah Bumiputera Cabang Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif dengan pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriftif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran produk mitra mabrur pada aspek diferensiasi dalam memberi pelayanan dan informasi cukup memuaskan, Dengan pelayanan yang baik dan memuaskan disertai adanya berbagai penghargaan membuat citra Asuransi Syariah Bumiputera bagus di mata masyarakat. Dari aspek Marketing mix, produk yang ditawarkan menyesuaikan kebutuhan masyarakat karena akan banyak manfaat yang didapat, sedangakan dari harga premi mitra mabrur cukup rendah dan juga menyesuaikan harga pasar. Untuk lokasi mudah untuk dijangkau oleh transportasi dan menggunakan sistem jemput bola. Sedangkan promosi hanya menggunakan personal selling. Dari aspek selling Asuransi Syariah bumiputera menggunakan kemampuan personal selling (penjualan perorangan) dengan kemampuan merekrut, membina dan mengembangkan agen yaitu dengan diikutkan seminar-seminar tentang pemasaran.