Strategi pemasaran produk Sirela dalam menjaga loyalitas nasabah di BMT Walisongo Mijen

Main Author: Anggraela, Dian Aryantie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17915/1/Skripsi_1905015018_Dian_Aryantie_Anggraela.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17915/
Daftar Isi:
  • BMT Walisongo saat ini, belum menerapkan m-banking. Padahal m-banking saat ini sangat bermanfaat sekali. Karena tidak perlu repot-repot untuk ke bank ataupun ATM ketika ingin bertransaksi. Hanya dengan memanfaatkan handphone dan kuota internet, kita bisa bertansaksi menggunakan aplikasi m-banking. Tetapi BMT Walisongo menerapkan sistem jemput bola, yang mana stafnya mengunjungi nasabah atau calon nasabah, entah itu menabung, membayar angsuran, atau sekedar menjelaskan kepada calon nasabah mengenai produk yang disediakan oleh BMT serta keunggulan produk tersebut. Hasil Penelitian ini yaitu: 1) BMT Walisongo menerapkan strategi pemasaran produk Si Rela dengan cara sebagai berikut diantaranya yaitu dengan menggunakan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun), strategi jemput bola, amanah, ramah, berusaha selalu meningkatkan layanan, mengelola SDM (Sumber Daya Manusia), mensosialisasikan suatu produk yang disediakan oleh BMT Walisongo, dan selalu mempromosikan produk. 2) Kelebihan pada penerapan produk Si Rela dalam menjaga loyalitas nasabah di BMT Walisongo Mijen yaitu: a) Bisa diambil kapan saja, b) Tanpa dikenakan biayaadministrasi bulanan, c) Bisa menggunakan strategi jemput bola. Selain itu, produk Si Rela yang diterapkan oleh BMT Walisongo ini juga memiliki kekurangan yaitu belum mempunyai aplikasi m-banking (mobile banking).