Strategi pemasaran produk pembiayaan sertifikat guru di PT BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati

Main Author: Mahabah, Leila Mifta Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17890/1/Skripsi_1905015005_Leila_Mifta_Nur_Mahabah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17890/
Daftar Isi:
  • Dunia perbankan pada praktiknya ditunjukkan dengan munculnya berbagai macam benda/barang yang dijadikan agunan. Produk pembiayaan dengan agunan sertifikat pendidik masih tergolong produk pembiayaan baru yang dijalankan oleh beberapa Bank khususnya Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah salah satunya oleh PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati. Pembiayaan ini dikhususkan untuk semua guru yang memiliki sertifikat pendidik baik guru PNS maupun swasta. Seorang guru yang memenuhi kriteria sebagai guru yang profesinal akan diakui melalui pemberian sertifikat pendidik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tentang strategi pemasaran dalam produk pembiayaan sertifikasi guru yang diterapkan oleh PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala coordinator pemasaran kantor pusat PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati. Hasil dari penelitian adalah bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati menggunakan bauran pemasaran(marketing mix) yang mencakup 7P (product, price, promotion, place, people, process, physical evidence). Pemasaran yang efektif dilakukan dengan cara menonjolkan keunggulan produk, harga yang murah, promosi menarik dan dapat dijangkau banyak orang, tempat yang strategis, SDM yang professional dan berkualitas, melalui proses yang mudah, dan bukti nyata dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadahi.