Perilaku agresif pada anak yang memiliki attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal

Main Author: Sari, Vivi Arum
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17872/1/Skripsi_1807016147_Vivi_Arum_Sari.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17872/
Daftar Isi:
  • Perilaku agresif adalah perilaku seseorang yang dilakukan dengan tujuan untuk menyakiti orang lain atau membuat kerusakan terhadap objek atau benda baik secara fisik atau non fisik yang menyebabkan kerugian. Perilaku ini juga muncul pada anak yang memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di rumah maupun di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku agresif pada anak yang memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui wawancara mendalam dan observasi. Untuk mengantisipasi adanya distorsi data dalam pengumpulan data, maka dilakukan cross check data melalui pencocokan hasil data interview informan dengan significant other dan hasil observasi dengan hasil interview. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yang menjadi factor perilaku agresif pada anak yang memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD adalah keinginan yang tidak terpenuhi, factor lingkungan, kelainan perilaku, suasana hati yang tidak baik, kesal dengan orang tua atau teman. Kemudian bentuk-bentuk perilaku agresif yang muncul pada anak yang memiliki ADHD di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal adalah memukul, menendang, mencubit, dan melempar. Adapun dampak yang timbul akibat perilaku agresif tersebut adalah adanya penolakan dari lingkungan dan temannya, terjadinya gangguan belajar pada anak ketika kegiatan belajar di sekolah .