Pengaruh faktor kemudahan, religiusitas, dan pengetahuan produk halal terhadap keputusan konsumen dalam memilih makanan halal pada aplikasi Go-Food studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Main Author: Fauzia, Lia Syifa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17816/1/Skripsi_1805056018_Lia_Syifa_Fauzia.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17816/
Daftar Isi:
  • Di era modern, dimana ilmu pengetahuan serta teknologi canggih berkembang pesat, pola hidup serta kebutuhan manusia juga turut berkembang. Kebutuhan wanita untuk tampil cantik akan menciptakan potensi pasar bagi produsen kosmetik. Dengan penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, maka produk makanan yang halal akan menjadi pilihan utama bagi setiap orang yang ingin menjalankan syariat islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kemudahan, religiusitas, dan pengetahuan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer melalui kuesioner. Populasi penelitian ini ialah semua mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Metode sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Jumlah responden sebanyak 100 sampel responden mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan dan pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan tehadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. ABSTRACT In the modern era, where science and advanced technology are developing rapidly, lifestyles and human needs are also developing. The need for women to look beautiful will create market potential for cosmetic manufacturers. With Indonesia's population being predominantly Muslim, halal food products will be the main choice for everyone who wants to implement Islamic law. This study aims to examine whether convenience, religiosity, and product knowledge have an effect on purchasing decisions. The research method used in this thesis is quantitative research. Data collection techniques used primary data through questionnaires. The population of this study were all students of FEBI UIN Walisongo Semarang. The sample method used is simple random sampling. The number of respondents was 100 samples of student respondents from FEBI UIN Walisongo Semarang. The results of this study indicate that the variables of convenience and product knowledge have a positive and significant effect on purchasing decisions. While the religiosity variable has no effect on purchasing decisions. Keywords: Ease, Religiosity, Product Knowledge, Purchase Decision.