Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Kelas XI MA Khozinatul Ulum Blora
Main Author: | Sholihah, Nur Laila Dita Rika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17807/1/Skripsi_1803016065_Nur_Laila_Dita_Rika_Sholihah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17807/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap minat belajar siswa. Penelitian kuantitatif eksperimental ini bersandar pada data hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips di kelas eksperimen dan kontrol. Data minat digali dengan menggunakan instrumen angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking chips efektif terhadap minat belajar siswa berdasarkan dua hal. Pertama, ditemukan perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan menggunkan uji independent sample t-test yang diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua, terdapat bukti efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap minat belajar siswa. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menjelaskan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips efektif terhadap minat belajar siswa.