Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan koreksi langsung dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis peserta didik kelas VIII B MTs Fatahillah Semarang pada materi pokok Al-mihnah (profesi) Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari wawancara dan pemberian tes awal untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini di antaranya adalah rata-rata kelas minimal mencapai 70 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%. Berdasarkan wawancara dan pemberian tes awal pada pra siklus diperoleh data bahwa keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sebelum menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan koreksi langsung hanya 52,5% dan persentase ketuntasan klasikal hanya 52,5% dengan rata-rata kelas sebesar 60,75. Dari hasil penelitian, pada siklus 1 keaktifan peserta didik mencapai 62,81% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dengan rata-rata 68,5. Sedangkan pada siklus 2 keaktifan peserta didik naik 10,63 poin dari keaktifan sebelumnya menjadi 73,44% dan persentase ketuntasan klasikal pun naik 12,5 poin menjadi 75% dengan rata-rata kelas mencapai 74 Dengan demikian, penerapan streategi pembelajaran dengan menggunakan koreksi langsung dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Arab pada materi pokok Al-mihnah (profesi) peserta didik kelas VIIIB MTs Fatahillah Semarang.