Daftar Isi:
  • Penelitian berjudul “Bimbingan dan Konseling Islam Dalam Membantu Mengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis di SLB ABC SWADAYA Kendal”. ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan dan konseling islam pada anak autis di SLB ABC SWADAYA Kendal dan untuk mengetahui bagaimana cara membantu mengembangkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis di SLB ABC SWADAYA Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian (field Reseach) lapangan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengambil subjek guru (terapis), pengurus dan ketua yayasan di SLB ABC SWADAYA Kendal. objek dalam penelitian ini adalah tentang Bimbingan dan Konseling Islam Dalam Membantu Mengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis di SLB ABC SWADAYA Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanganan bimbingan dan konseling Islam yang ada di SLB ABC SWADAYA Kendal. (1) Menggunakan metode bina mandiri supaya anak autis bisa menjadi lebih mandiri dan mengembangkan kemampuannya, serta tidak selalu bergantung kepada orang lain. SLB ABC SWADAYA Kendal juga menggunakan konseling individual dan kelompok, agar proses pemberian konseling bisa menjadi maksimal. (2) upaya yang digunakan untuk menegembangkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis yang ada di SLB ABC SWADAYA Kendal menggunakan penanganan dini yaitu menggunakan terapi wicara dan terapi perilaku contohnya seperti melatih pemberian salam pada waktu awal pembelajaran, berjalan-jalan di sekeliling lingkungan luar sekolah, senam, makan, bermain bersama dan melakukan kegiatan lain yang lebih kompleks. Penanganan terpadu meliputi terapi okupasi, terapi wicara, terapi perilaku, dan terapi musik