Analisis tingkat kepuasan pendengar terhadap program siaran “Oase” di radio dais 107.9 fm
Main Author: | Putra, Rino Pratama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17550/1/Skripsi_170102610_%20Rino_Pratama_Putra.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17550/ |
Daftar Isi:
- Rino Pratama Putra, 1701026103. Analisis Tingkat Kepuasan Pendengar Terhadap Program Siaran “Oase” di Radio Dais, 107.9 FM. Dilatarbelakangi oleh adanya kendala secara teknis maupun non teknis, yang dihadapi oleh radio saat siaran berlangsung. Selain itu, konvergensi media mendorong program yang lebih inovatif dan kreatif turut andil dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga mendorong persaingan media radio. Masyarakat sebagai pendengar ialah kesejahteraan suatu radio. Jikalau stasiun radionya telah meraih sasaran pendengar yang benar serta tepat, media tersebut dapat secara efektif perannya sebagai penghantar informasi atau pesan. Membuat pendengar setia ada perihal yang butuh diperhatikan perusahaan, antara lain ialah kepuasan pendengarnya. Tujuan dari penelitian ini dapat mendeskripsikan kepuasan pendengar terhadap program siaran “Oase” dengan menerapkan tipologi motif yang disarankan oleh McQuail yakni : motif informasi, motif identitas pribadi, motif intergritas dan interaksi sosial, serta motif hiburan. Serta untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pendengar Radio Dais 107.9 FM terhadap program Oase yang disiarkan Sampel dalam penelitian ini adalah 54 pendengar Radio Dais 107.9 FM, diambil dari 537 pendengar yang tergabung dalam facebook Dais Majt. Kemudian sampel tersebut diberikan kuesioner dengan skala likert mengenai kepuasan pendengar. Jawaban terhadap skala kepuasan kemudian diolah menggunakan SPSS 16.0. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi pada taraf signifikansi 0,05 dengan model pengujian penghitungan Mean dan Chi Square .Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari keempat dimensi yang telah diukur, motif identitas pribadi, menduduki peringkat pertama dengan jumlah skor 1524, kemudian disusul oleh motif informasi, intergritas dan interaksi sosial serta motif Hiburan diperoleh skor 1339, 963 dan 849. Responden pada program oase, pada kesimpulannya lebih banyak memenuhi instrumen kepuasan motif identitas pribadi dibandingkan motif lain. Setelah dilakukan analisis, didapatkan nilai Chi Square hitung sebesar 256,48 dan nilai Chi Square table sebesar 7,81 sehingga Chi Square hitung > Chi Square tabel, maka H0 ditolak artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Program Siaran “ Oase” dengan kepuasan yang didapatkan responden.