Urgensi metode talaqqi dan murojaah dalam menghafal Al-Qur'an studi kasus di Pondok Pesantren Darul Qur'an Mulia, Bogor, Jawa Barat

Main Author: Sholihat, Qonita Annis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17549/1/Skripsi_1704026176_Qonita_Annis_Sholihat.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17549/
Daftar Isi:
  • Kitab suci Qur'an adalah Pedoman hidup bagi semua umat manusia. Membacanya adalah ibadah istimewa sehingga akan membawa banyak manfaat. Adapun Penelitian tentang “Urgensi Metode Talaqqi dan Murojaah dalam menghafal Al-Qur’an (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Qur’an Mulia, Bogor, Jawa Barat” ini mengkaji sebuah urgensi metode talaqqi dan murojaah santri melalui kegiatan Tahfidzul Quran di Pondok Pesantren Darul Quran Mulia, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan Murajaah dengan terus menerus dapat memberikan kekuatan pada hafalan. Murajaah dengan terus menerus sangat urgent dalam kegiatan menghafal . Murajaah dengan terus menerus pada dasarnya merupakan inti dari kegiatan menghafal. Pendekatan Murojaah adalah sebuah keunggulan dan terobosan dalam pengajaran Al-Quran yang dilaksanakan oleh ustad atau ustadzah di lingkungan pondok Daarul Qur’an.Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mengaktualisasikan Tahfidzul Qur'an dalam sebuah kegiatan talaqqi dan murojaah yang digunakan santri dalam kegiatan Tahfidzul Quran. Bagaimana prosesnya, serta bagaimana cara santri menghafal Al Quran di Pondok Pesantren Darul Quran Mulia, Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan Pendekatan deskriptif-analitik fenomenologi, yakni dengan mendeskripsikan semua metode penghafalan di pondok pesantren , khususnya Tahfidzul Alquran. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kerja lapangan, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu dengan penggambaran secara sistematis, faktual dan akurat tentang metode hafalan talaqqi dan murojaah Al-Qur'an di Darul Qur’an Mulia. Adapun cara mengumpulkan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Keberhasilan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa adanya aktivitas Tahfidzul Qur’an santri yang menggunakan metode talaqqi dan murojaah untuk mempermudah keterampilannya dalam menghafal Al-Qur’an. Semua dilakukan santri dalam upaya menunjang program tahfidz di Pesantren Darul Qur’an Mulia,