Pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan, dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah bank syariah Indonesia studi pada mahasiswa perbankan syariah angkatan 2017-2020 pengguna bank syariah Indonesia

Main Author: Familudin, Fachrizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17545/1/1705036034_Fachrizal%20Familudin_Full%20Skripsi-dikonversi-dikompresi%20-%20Fachrizal%20Familudin.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17545/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah. Dilihat dari data Satisfaction, Loyalty & Engagment Award pada tahun 2019 dan 2021 Bank Syariah Indonesia menempati peringkat 2 dalam kategori nasabah terloyal terhadap bank. Berdasarkan Satisfaction , Loyalty & Engagement Award mendorong peneliti untuk melakukan penelitian kepada Mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2017-2020 yang dimana dalam syarat registrasi masuk UIN Walisongo Semarang Mahasiswa baru diwajibkan untuk membuat rekening baru, yakni rekening yang dulunya BRI Syariah sekarang menjadi BSI.Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang disebarkan kepada nasabah Bank Syariah Indoensia. Sampel diambil sebanyak 85 responden dengan tehnik probability sampling dengan krikteria siapa saja atau acak, tetapi masalah yang akan ditanyakan diketahui oleh yang bersangkutan, dapat diambil sebagai sampel. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25.0. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji statistik melalui uji t test, f test dan koefisien determinan (R2). Dari uji t test yang dilakukan menunjukan bahwa kualitas layanan, citra perusahaan marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Tetapi relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas layanan dan citra perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Tetapi, relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.