Efektivitas pembelajaran blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Al-Islam Turen

Main Author: Lestari, Dwi Kunti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17443/1/Skripsi_1708056041_Dwi_Kunti_Lestari.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17443/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena timbulnya masalah yang terjadi di MTs Al-Islam Turen yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi relasi dan fungsi serta kurangnya pendampingan guru dalam pembelajaran E-learning sehingga berkurangnya kemampuan pemahaman konsep pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Al-Islam Turen. Manfaat dari penelitian ini untuk menjadi solusi dari masalah yang ada di MTs Al-Islam Turen. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan desain posttest only control design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes yang berupa tes posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size. Data yang digunakan untuk teknik analisis data berasal dari nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh t-hitung=3,29 dan t-tabel=1,69 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga diketahui bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa pembelajaran Blended Learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Al-Islam Turen.