Efektivitas model pembelajaran meaningful instructional design (MID) berbantuan LKPD terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII

Main Author: Khasanah, Khurotun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17442/1/Skripsi_1708056037_Khurotun_Khasanah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17442/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi siswa kelas VII yaitu siswa belum mampu menguasai materi prasyarat, belum mampu mengubah masalah nyata ke dalam model matematika untuk mendapatkan solusi, masih kesulitan dalam menentukan strategi yang harus dilakukan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan representasi siswa rendah. Pokok permasalahan penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan representasi matematis pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Al-Ikhlas Jatinegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen berdesain Posttest Only Control Design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t pihak kanan. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh t-hitung=4,602 dan t-tabel=1,671 dengan taraf signifikasi 5% dan dk = 58 , menunjukkan bahwa t-hitung>t-tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan perhitungan uji t yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran MID berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII.