Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari self confidence
Main Author: | K, Syarofatul Catur Mumpuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17434/1/Skripsi_1608056019_Syarofatul_Catur_Mumpuni_K.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17434/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII dalam materi relasi dan fungsi ditinjau dari self confidence. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari angket, tes dan wawancara. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 19 peserta didik untuk mengumpulkan data angket dan tes. Kemudian diambil 6 peserta didik untuk wawancara, yaitu 2 dari tingkat self confidence tinggi, 2 dari tingkat self confidence sedang dan 2 dari tingkat self confidence rendah. Metode analisis data melalui 3 tahap, yaitu reduksi data (reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan self confidence tinggi telah memenuhi kelancaran (Fluency), Kefasihan (Flexibility) dan kebaruan (Originality). Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan self confidence sedang menunjukkan bahwa indikator kemampuan berpikir kreatif matematis Kelancaran (Fluency) dan Kebaruan (Originality) telah terpenuhi, namun indikator Kefasihan (Flexibility) belum terpenuhi. Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan self confidence rendah menunjukkan bahwa mereka tidak mampu memenuhi kelancaran (Fluency), Kefasihan (Flexibility) dan kebaruan (Originality).