Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang

Main Author: Saputra, Wahyu Rizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17427/1/Skripsi_1803016017_Wahyu_Rizal_Saputra.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17427/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal atau yang berasal dari dalam diri individu dan faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar individu. Salah satu faktor eksternal yang memberikan pengaruh cukup besar adalah guru. Kemampuan guru dalam mengajar merupakan bagian dari indikator kompetensi pedagogik guru. Kompetensi guru yang diterima siswa melalui pancaindra akan dimaknai dan menghasilkan suatu persepsi. Baik buruknya persepsi siswa tergantung kemampuan guru dalam memberikan informasi di kelas. Apabila persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru baik, maka siswa akan mudah menerima pembelajaran dengan baik dan berdampak pada hasil belajarnya yang baik pula. Begitu juga sebaliknya, apabila persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru kurang baik maka siswa akan sulit menerima pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajarnya yang kurang baik. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. Selain faktor eksternal, faktor internal yang cukup berpengaruh dalam menentukan hasil belajar adalah motivasi belajar siswa. Motivasi memiliki pengaruh yang besar terhadap proses belajar siswa. Kuat lemahnya atau semangat tidaknya usaha yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan akan ditentukan oleh kuat lemahnya motivasi yang dimiliki orang tersebut. Maka semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa maka potensi ketercapaian tujuan pembelajaran juga semakin tinggi. Oleh karena itu, terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang.