Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui hasil belajar na’at man’ut siswa yang menggunakan media ular tangga pada kelas sebelas (XI) Madrasah Aliyah Tajul ‘Ulum Brabo, Tanggung Harjo, Grobogan, 2) untuk mengetahui hasil belajar na’at man’ut siswa yang tidak menggunakan media ular tangga pada kelas sebelas (XI) Madrasah Aliyah Tajul ‘Ulum Brabo, Tanggung Harjo, Grobogan, 3) untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya. Peneliti melakukan pengumpulan data-data dengan menggunakan: metode dokumentasi dan tes, dan dalam penelitian ini peneliti mengunakan metode eksperimen kemudian peneliti melakukan analisis data-data dengan menggunakan tes- independent untuk membandingkan antara sampel yang menggunakan media ular tangga didalam pembelajaran na’at man’ut pada materi as-syabab (pemuda), dan sampel yang tidak menggunakan media ular tangga didalam pembelajaran na’at man’ut pada materi as-syabab (pemuda). Adapun hasil dari penelitian ini adalah: terdapat pengaruh pada siswa yang belajar na’at man’ut dengan menggunakan media ular tangga pada materi asy-syabab (pemuda), pada kelas sebelas (XI) Madrasah Aliyah Tajul ‘Ulum Brabo, Tanggung Harjo, Grobogan, dengan nilai memuaskan yaitu nilai rata-rata 74,50 dan untuk siswa siswa yang belajar na’at man’ut dengan tanpa menggunakan media ular tangga pada materi asy-syabab (pemuda), pada kelas sebelas (XI) Madrasah Aliyah Tajul ‘Ulum Brabo, Tanggung Harjo, Grobogan, dengan nilai kurang yaitu nilai rata-rata 67,75, sehingga antara siswa yang belajar na’at man’ut dengan menggunakan media ular tangga dan siswa yang tidak menggunakan media ular tangga sangat berbeda, dari segi nilai rata-rata. Karena hasil dari nilai rata-rata siswa yang belajar dengan menggunakan media ular tangga lebih tinggi dari nilai rata-rata siswa yang belajar na’at man’ut tanpa menggunakan media ular tangga. Dan setelah menganalisis data-data antara siswa yang belajar na’at man’ut dengan menggunakan media ular tangga dan siswa yang tidak menggunakan media ular tangga, hasil nilai rata-rata antara kedua kelas dengan menggunakan rumus t-test, dan hasilnya adalah to 3,915 lebih besar dari t-tabel yaitu 1,66, itu artinya signifikan, dan hipotesis dari penelitian ini adalah diterima. Dan ini berarti bahwa hipotesis penelitian adalah diterima adapun penggunaan media ular tangga bagi siswa berpengaruh terhadap ketrampilan siswa didalam pembelajaran na’at man’ut pada kelas sebelas (XI) Madrasah Aliyah Tajul ‘Ulum Brabo, Tanggung Harjo, Grobogan.