Efektivitas strategi PDEODE (Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain) sebagai upaya mencegah miskonsepsi peserta didik pada materi sifat koligatif larutan

Main Author: Wati, Setyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17414/1/Skripsi_1708076039_Setyo_Wati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17414/
Daftar Isi:
  • Miskonsepsi dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Materi sifat koligatif larutan memiliki potensi besar mengalami miskonsepsi. Hal ini dikarenakan penerapannya sering dijumpai peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu perlu dilakukan perbaikan baik dari metode, strategi maupun media pembelajarannya. Penelitian yang telah dilakukan di SMA N 1 Sulang bertujuan untuk Mengetahui efektivitas strategi pembelajaran PDEODE (Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain) sebagai upaya mencegah miskonsepsi peserta didik pada materi sifat koligatif larutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan One Group Pretest-Posttest Design sebagai desain penelitiannya. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XII IPA di SMA N 1 Sulang dengan sampel sebanyak 33 peserta didik dari kelas XII IPA 2. Strategi PDEODE efektif dilakukan dalam mencegah miskonsepsi pada materi sifat koligatif larutan. Dibuktikan dengan terjadinya penurunan miskonsepsi dari 43% menjadi 3,79%. Nilai rata-rata peserta didik yang mengalami miskonsepsi saat posttest < saat pretest dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05). Selain itu terdapat respon baik dari peserta didik terhadap pembelajaran PDEODE.