Internalisasi nilai-nilai tolerasni beragama di SMP Negeri 24 Semarang
Main Author: | Musyofa, Muhamad Kamaludin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17413/1/Skripsi_1703016165_Muhamad_Kamaludin_Musyofa.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17413/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai toleransi bergama yang ada di SMP Negeri 24 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian yang akan dikaji adalah: (1) bagaimana internalisasi nilai-nilai toleransi beragama di SMP Negeri 24 Semarang; (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai toleransi beragama di SMP Negeri 24 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat internalisasi nilai-nilai toleransi beragama di SMP Negeri 24 Semarang. Adapun internalisasi tersebut dalam bentuk strategi, metode yang dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran dalam kelas maupun luar kelas seperti kegiatan keagamaan, peringatan hari besar, ekstrakurikuler dan intra. Dalam pelaksanaan yang menjadi faktor pendukung yaitu tidak ada paksaan untuk memeluk suatu agama tertentu, melakukan ibadah rutin, memberi fasilitas keagamaan, mengadakan kegiatan keagamaan, rukun dan tolong-menolong, Adapun yang menjadi faktor penghambat toleransi yaitu kurangnya buku agama untuk siswa Kristen, terdapat pengaruh dari luar dan kedisiplinan siswa.