Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam Surah Luqman ayat 12-19 dan relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam
Main Author: | Qomariyah, Nur Ita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17402/1/Skripsi_1703016022_Nur_Ita_Qomariyah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17402/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan teori tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam berdasarkan pembahasan Surah Luqman ayat 12-19 dalam perspektif Tafsir Al-Misbah,(2) memperoleh pemahaman makna tentang relevansi Surah Luqman ayat 12-19 perspektif Tafsir Al-Misbah terhadap tujuan pendidikan Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kepus-takaan (library research). Data penelitian dikumpulkan denganteknik dokumentasi, yakni dalam mengumpulkan data-data dari al-Qur’an, kitab-kitab tafsir, buku-buku, serta karya ilmiah lainnya. Selanjutnya, data-data yang diperoleh itu, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Ada tiga nilai pendidikan agama Islam dalam surah Luqman ayat 12-19 dalam perspektif Tafsir al-Misbah yang dapat dipetik bagi pendidikan agama Islam, yaitu nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan syariat, dan nilai pendidikan akhlak. (2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam surah Luqman ayat 12-19 dalam perspektif Tafsir al-Misbah sangat relevan dengan tujuan pendidikan Islam,karena keduanya memiliki orientasi yang sama yaitu membentuk insan kamil (manusia yang sempurna) yang sesuai dengan syariat agama Islam.