Keefektifan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik di MA Miftahul Ulum tahun pelajaran 2021/2022

Main Author: Kholifah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17391/1/Skripsi_1503066006_Nur_Kholifah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17391/
Daftar Isi:
  • Permasalahan utama pada penelitian ini adalah adanya kondisi covid-19 yang mengharuskan sekolah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan mengakibatkan turunnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) menggunakan model Problem Based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik materi Gerak Parabola. Penelitian ini dilaksanakan di MA Miftahul Ulum Ngemplak pada bulan April-Mei 2022. Teknik Sampling yang dipakai adalah teknik Sampling Total dengan kelas X IPA-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data posttest menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0.05 diperoleh t_hitung 2,989 dengan keputusan H_0 ditolak dan H_a diterima. Hasil Effect Size menunjukkan nilai 0.5257 berada dalam kategori sedang, artinya Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) menggunakan model Problem Based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Gerak Parabola.