Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang usaha peningkatan maharoh qira’ah dengan menggunakan metode permainan bahasa dengan menggunakan media sobekan kertas, khusus pada materi “مدرستي ” . studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana penggunaan media Auraq Mumazaqah dalm meningkatkan keterampilan membaca pada materi “مدرستي ” di kelas VII C MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang? Permasalahan tersebut dibahas menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas VIIc MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semrang, kelas tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan hasil atas usaha peningkatan Maharoh Qira’ah menggunakan media Auraq Mumazaqah. Data-data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tindakan dalam kelas. Kajian ini menunjukan bahwa: peneliti membagi pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab dengan menguunakn media Auraq Mumazaqah dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dikelas VIIC dalam tiga siklus. . Guru mengguanakan berbagai bacaan dalam setiap siklus, pada siklus pertama bacaan dengan tema “مدرستي” siklus kedua menggunakan bacaan dengan tema “المدرسة” pada siklus ketiga menggunakan bacaan dengan tema “الفصل” . guru menggunakan media Auraq Mumazaqah/potongan cerita dalam proses pembelajarannya, guru membagikan potongan-potongan cerita kepada siswa dan siswa menyusunnya menjadi cerita yang sempurna. Ini digunakan oleh peneliti untuk mengetahui nalai dasar dan nilai akhir setelah menggunakan media Auraq Mumazaqah. Nilai rata-rata siswa pada setiap siklus. Pada siklus satu, nilai rata-rata siswa adalah 65.1. pada siklus dua, nilai rata-rata siswa adalah 70.6 dan pada siklus tiga, nilai rata-rata siswa adalah 76.4. Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media Auraq Mumazaqah dalam meningkatkan keerampilan membaca siswa pada materi ajar “مدرستي” dapat membantu siswa untuk memecahkan masalah dalam penguasaan kosa kata dan memahami bacaan. Temuan tersebut memberikan acuan bagi pengajar dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.