Analisis kendala pembelajaran daring saat pandemi covid-19 peserta didik kelas X MIPA pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Kendal

Main Author: Mustakim, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17388/1/Skripsi_1608056001_Ahmad_Mustakim.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17388/
Daftar Isi:
  • Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran tatap muka dihentikan dan adanya tuntutan Kemendikbud untuk mengganti pembelajaran secara daring menyebabkan semua aspek pendukung pembelajaran perlu melakukan adaptasi dalam pelaksanaannya. Hal ini menimbulkan berbagai kendala yang dialami guru dan peserta didik. Peneliti menggunakan aspek permasalahan yaitu kesiapan sekolah, guru dan peserta didik, biaya, infrastruktur dan materi ajar. Tujuannya untuk memberikan informasi kendala pembelajaran daring saat pandemi Covid-19 peserta didik kelas X MIPA pada pelajaran matematika. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan subjek penelitian purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peserta didik telah mempersiapkan aspek pendukung pembelajaran daring dengan baik. Akan tetapi, masih terdapat kendala selama pembelajaran daring berlangsung, yaitu: a) penggunaan platform microsoft 365 kurang maksimal, b) model pembelajaran berkelompok masih pasif, c) pernah tidak mendapatkan bantuan kuota, d) terkadang smartphone error, arus listrik mati dan koneksi internet kurang lancar, e) ada yang memplagiasi jawaban di internet, f) kurangnya interaksi sosial (merasa bosan, mengantuk & tidak paham materi). Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa adanya persiapan yang baik, namun masih terdapat kendala selama pembelajaran daring berlangsung.