Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi fungsi komposisi berdasarkan gaya belajar siswa kelas X MA Qosim Al Hadi Mijen

Main Author: Ihsan, Noor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17384/1/Skripsi_1503056066_Noor_Ihsan.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17384/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi fungsi komposisi berdasarkan gaya belajar siswa kelas X MA Qosim Al Hadi Mijen. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 di MA Qosim Al Hadi Mijen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 27 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual mempunyai kemampuan pemahaman konsep matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial maupun kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika, siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 4 indikator, yaitu indikator 1, 2, 5 dan 6 pemahaman konsep matematika, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 3 indikator, yaitu indikator 1, 3 dan 5 pemahaman konsep matematika.