Analisis kemampuan literasi matematika pada konten change and relationship berdasarkan efikasi diri siwa kelas X MA Miftahut Thullab Putatsari Grobogan

Main Author: Naja, Muhamad Zadun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17382/1/Skripsi_1503056061_Muhamad_Zadun_Naja.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17382/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika pada konten change and relationship siswa kelas X MA Miftahut Thullab Putatsari Grobogan berdasarkan efikasi diri. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas X MA Miftahut Thullab Putatsari Grobogan pada tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 22 siswa. Kemudian dipilih enam siswa secara acak berdasarkan tingkat efikasi diri tinggi, sedang, dan rendah yang masing-masing dua siswa dari setiap tingkat efikasi diri untuk diwawancarai. Teknik pengambilan data berupa angket, tes tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki tingkat efikasi diri tinggi mampu kemampuan literasi matematika pada level yang lebih tinggi, dibandingkan dengan siswa dengan tingkat efikasi diri sedang dan rendah. Siswa dengan tingkat efikasi diri tinggi mampu menyelesaikan kemampuan literasi pada konten change and relationship level 1, 2, 3, dan 4, serta kurang mampu level 6. Siswa dengan tingkat efikasi diri sedang mampu menyelesaikan kemampuan literasi matematika pada konten change and relationship level 1, 2, dan 4. Siswa dengan tingkat efikasi diri rendah mampu menyelesaikan kemampuan literasi matematika pada konten change and relationship level 1 dan 2.