Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII A MTs Darussalam Kalibakung dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari gaya belajar

Main Author: Mawaddah, Via Selfi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17380/1/Skripsi_1503056026_Via_Selfi_Mawadah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17380/
Daftar Isi:
  • Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana karakteristik kritis siswa dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VII A MTs Darussalam Kalibakung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik untuk menyelesaikan masalah matematika yang mendorong berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan memberikan soal essay berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Sedangkan Gaya belajar yang digunakan adalah Gaya belajar menurut Bobby de Porter, ada tiga yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Penentuan gaya belajar siswa menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada materi himpunan yang ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, diperoleh informasi bahwa setiap siswa yang memiliki gaya belajar yang sama maupun gaya belajar berbeda memiliki kemampuan yang berbeda. Kemampuan berpikir kritis subjek visual, auditorial maupun kinestetik mampu melalui tahap memberikan penjelasan sederhana, mampu membangun keterampilan dasar serta mampu memberikan penjelasan lebih lanjut.