Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diajukan oleh peneliti dalam pembahasan ini adalah ( 1 ) Bagaimana pelaksanaan metode hafalan dalam pembelajaran mufrodat di kursusan pendidikan bahasa arab Ocean Pare Kediri Jawa Timur (2) Apa saja factor-faktor pendukung metode hafalan dalam pembelajaran mufrodat di kursusan pendidikan bahasa arab Ocean Pare Kediri Jawa Timur. Tujuan pembahasan ini adalah (1 ) untuk mengetahui pelaksanaan metode hafalan dalam pembelajaran mufrodat (2) untuk mengetahui factor-faktor pendukung metode hafalan dalam pembelajaran mufrodat di kursusan pendidikan bahasa arab Ocean Pare Kediri, dan objek penelitian ini adalah siswa kelas adina 1 di kursusan pendidikan bahasa arab Ocean Pare Kediri Jawa Timur. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh keterangan- keterangan dan data – data adalah ( 1) metode pengumpulan data yang meliputi : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi ( 2 ) metode analisis data yang berupa metode deskriptif. Hasil dari pembahasan ini menunjukkan bahwa : Pelaksanaan metode hafalan dalam pembelajaran mufrodat di kursusan pendidikan bahasa arab Ocean Pare Kediri Jawa Timur adalah sebagai berikut : Guru membacakan mufrodat baru beserta dengan maknanya dengan lafadz yang shohih, dan siswa mendengarkan kemudian mengikuti bacaan guru bersama-sama, kemudian guru memberikan motivasi pada siswa dan guru menyuruh siswa untuk menghafal mufrodat atau kalimat yang tertulis dipapan tulis dan mufrodata dari kitab asmaul yaumiyyah dan af’alul yaumiyyah, kemudian guru menanyakan kepada setiap siswa dari mufrodat yang diperoleh di hari sebelumnya satu peratu. Adapun factor-faktor pendukung pendidikan di kursusan Ocean Pare yaitu sebagai berikut: Siswa berkenan mengikuti arahan dari guru, dan semangat belajar yang tinggi