Ensiklopedia keanekaragaman capung di kawasan pegunungan Muria sebagai sumber belajar biologi kelas X MA Darul Amanah Kendal
Main Author: | Dawam, Moh. Mubarok |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17348/1/Skripsi_1403086071_Moh_Mubarok_Dawam.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17348/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang melimpah, diantaranya keanekaragaman capung. Keanekaragaman ini dapat dijadikan sebabagi sumber belajar yang inovatif untuk menambah wawasan peserta didik. Sumber belajar yang inovatif yang bisa dibuat diantaranya berupa buku ensiklopedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Ensiklopedia keanekaragaman capung serta menjelaskan kelayakan Ensiklopedia keanekaragaman capung yang dikembangkan sebagai sumber belajar Biologi untuk siswa SMA/MA. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Implementation (implementasi terbatas atau skala kecil), kemudian dilakukan uji terbatas kepada 1 ahli materi, 1 ahli media, dan guru Biologi serta respon 30 peserta didik terhadap produk yang dikembangkan untuk menjelaskan kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kelayakan Ensiklopedia yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan persentase sebesar 76%; ahli media sebesar 70%; guru Biologi sebesar 84%; dan respon peserta didik sebesar 87,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ensiklopedia Keankekaragaman capung yang dikembangkan memiliki kualitas yang layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar Biologi.