Gaya hidup konsumtif mahasiswa dengan belanja online studi fenomena Harbolnas di kalangan Mahasiswa FISIP UIN Walisongo

Main Author: Fitriyanto, Farid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17275/1/Skripsi_1706026093_Farid_Fitriyanto.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17275/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari beberapa permasalahan yaitu pola konsumsi anak muda sekarang khususnya mahasiswa ketika belanja online. Pola konsumsi mahasiswa yang tidak sesuai kebutuhan menjadikan mahasiswa memiliki perilaku hidup konsumtif. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui (1) bagaimana perilaku konsumsi yang dilakukan mahasiswa dalam belanja online (2) apa yang menjadikan mahasiswa konsumtif dalam belanja online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis induktif dimana peneliti melakukan analisis berdasarkan fakta di lapangan kemudian dihubungkan dengan teori yang sesuai dan ditarik kesimpulan dari khusus ke umum. Secara substantif analisis dalam penelitian ini menggunakan teori masyarakat konsumsi Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa terjadi. Pertama, karena harga dalam online shop lebih murah daripada toko konvensional selain itu adanya faktor eksternal seperti, iklan yang di endorse oleh artis maupun selebgram. Kedua, kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh aplikasi belanja online diantaranya, efektif dalam penggunaan waktu, fitur yang diberikan mudah dipahami, selalu ada inovasi yang diberikan kepada pengguna, banyak voucher yang didapatkan.mulai dari gratis biaya kirim, potongan harga dan cashback pembelian.