Implementasi kurikulum berbasis tauhid di SD Islam Integral Al-Hakim Kendal

Main Author: Rosyadi, Munir
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17239/1/Skripsi_1603016124_Munir_Rosyadi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17239/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Islam Integral Luqman Al-Hakim Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi untuk menggali informasi tentang implementasi Kurikulum berbasis Tauhid di SD islam Integral Luqman Al-Hakim Kendal. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi dari berbagai narasumber yaitu, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru. Dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data berupa foto proses wawancara, profil sekolah, deskripsi sekolah, dan juga kegiatan sekolah. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa konsep kurikulum yang digunakan SD Islam Integral Luqman Al-Hakim kendal adalah kurikulum berbasis tauhid yaitu kurikulum yang memadukan antara kurikulum dinas dan kurikulum berbasis tauhid. Pengelolaan sistem ini melibatkan seluruh komponen pendidikan dan juga menggabungkan nilai-nilai karakter dalam materi pembelajaran yang dilaksanakan. Perencanaan kurikulum yang dilaksanakan melalui rapat yang diadakan guna mempersiapkan program satu tahun kedepan. Pelaksanaan kurikulum ini menggunakan sistem pembelajaran full day school dengan memasukkan nilai ketauhidan melalui kegiatan keagamaan. Evaluasi kurikulum berbasis tauhid dilaksanakan dengan melalui rapat sekolah yang melibatkan seluruh komponen di SD II Luqman Al-Hakim Kendal yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru.