Hubungan antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan tingkat kepatuhan terhadap tata tertib sekolah siswa kelas VIII MTs N 1 Pemalang tahun ajaran 2021/2022

Main Author: Lestari, Winda Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17216/2/Skripsi_1503016031_Winda_Tri_Lestari.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17216/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Prestasi belajar Aqidah Akhlak dengan tingkat kepatuhan terhadap tata tertib sekolah siswa kelas VIII MTs N 1 Pemalang. Jenis penelitian ini kuantitatif korelasi, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat kepatuhan tata tertib siswa, metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa. Data yang telah diperoleh lalu dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil dari uji hipotesis dengan adanya hubungan antara prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs N 1 Pemalang, menunjukkan bahwa: (1) dari perhitungan rata-rata prestasi belajar Aqidah Akhlak diketahui nilainya sebesar 85,71 termasuk dalam kategori sedang yang terletak pada interval 85-87. (2) dari perhitungan rata-rata tingkat kepatuhan terhadap tata tertib sekolah diketahui nilainya sebesar 73,71 yaitu pada interval 71-76 dan termasuk dalam kategori sedang. (3) sesuai perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nila rxy sebesar 0,851 dan dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% maka hasilnya 0,217. Karena rxy < rtabel pada taraf signifikan 5% maka hasilnya signifikan. Artinya hipotesis yang menyatakan bahwa “ada Hubungan Antara Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dengan Tingkat Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah Siswa Kelas VIII MTs N 1 Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022” diterima kebenarannya.