Ta'līm mahārah al-kalām bi istikhdām wasīlah al-sam`iyyah al-baṣariyyah fī mauḍū` “al-mihnah” ladai talāmīż al-faṣl ṡāmin bi madrasah “al-Hikmah” al-mutawasiṭah al-Islāmiyyah Polaman Mijen Semarang
Daftar Isi:
- Pembelajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan media “slide suara” pada judul Al-mihnah pada murid kelas VIII di MTS Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang. Pembelajaran ini berupaya menjawab atas beberapa pertanyaan seputar pentingnya : Bagaimana pembelajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan media “slide suara” pada judul Al-mihnah pada murid kelas VIII di MTS Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang.? Apa factorfactor yang mempengaruhi untuk keberhasilan dan apa factor-faktor yang mempengaruhi kegagalan dalam pembelajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan media “slide suara” pada judul Al-mihnah pada murid kelas VIII di MTS Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang. ? dari aspek jawaban atas pertanyaan ini, peneliti melakukan pengajaran eksperimen lapangan di MTS Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang.pengumpulan dari keadaan data yang di cari dari keadaan pendekatan observasi, wawancara, lebih utama lagi di tambah dokumentasi. Selesainya pengajaran ini, mendapatkan beberapa hasil, di antaranya : 1) Pembelajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan media “slide suara” pada judul Al-mihnah pada murid kelas VIII di MTS Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang, menurut Hadi Hidayat yaitu sesungguhnya guru bahasa arab di kelas VIII MTS Al-Hikmah polaman Mijen Semarang telah melakukan factor-faktor pembelajaran dengan benar seperti melaksanakan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi. Sesuai dengan tujuan pembelajaran ketrampilan berbicara menurut Hadi Hidayat dalam kitabnya pembelajaran bahasa arab pada sekolah MTS Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang, seperti yang di kehendaki oleh Silabus. 2) Adapun factor-factor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan media “slide suara” pada judul Almihnah pada murid kelas VIII di MTS Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang. yaitu, dari guru, murid, metode pembelajaran, media dan alat-alatnya. Adapun factor-factor yang mempengaruhi untuk kegagalan dalam pembelajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan media “slide suara” pada judul Al-mihnah pada murid kelas VIII di MTS Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang, yaitu dari latar belakang murid yang berbeda-beda, pesimistis murid dan kurangnya semangat, dan juga Keadaan waktu pembelajaran bahasa arab yang hanya dua kali dalam seminggu.