Strategi promosi dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SMK Sabilurrasyad Kendal

Main Author: Lila Hirra, Masiga
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17185/1/Skripsi_1703036084_Lila_Hirra_Masiga.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17185/
Daftar Isi:
  • Strategi promosi menjadi sangat penting bagi suatu perusahaan produsen barang, jasa, dan bahkan lembaga pendidikan. Bagi lembaga pendidikan strategi promosi ini digunakan untuk menarik minat siswa agar memilih sekolah yang dituju. Dalam merencanakan strategi promosi, suatu lembaga pendidikan harus mampu melihat apa yang dibutuhkan, serta merespon tuntutan yang diberikan oleh masyarakat agar dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yang meliputi : 1) Apa strategi promosi yang dilakukan dalam meningkatkan peserta didik baru di SMK Sabilurrasyad Kendal? 2) Bagaimana implikasi dari strategi promosi yang dilakukan dalam meningkatkan peserta didik baru di SMK Sabilurrasyad Kendal? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan SMK Sabilurrasyad telah terlaksana dengan baik. Meskipun ada kendala yang dihadapi SMK Sabilurrasyad sehingga jumlah siswa mengalami penurunan, salah satunya yaitu 1) biaya sekolah di SMK Sabilurrasyad terlalu mahal, 2) masyarakat masih menganggap lulusan SMK tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, 3) kompetitor lembaga pendidikan yang sudah berpengalaman dalam promosi sekolah.