Manajemen mutu sarana dan prasarana pembelajaran di MTs N 1 Pekalongan

Main Author: Marnita, Esa Bhakti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17171/1/Skripsi_1703036033_Esa_Bhakti_Marnita.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17171/
Daftar Isi:
  • Mutu merupakan sesuatu yang dianggap salah satu bagian penting, karena mutu pada dasarnya menunjukkan keunggulan suatu produk jika dibandingkan dengan produk lainnya. Peningkatan mutu merupakan usaha dari setiap lembaga-lembaga pendidikan penghasil produk barang tetapi juga produk jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan mutu sarana prasarana, pelaksanaan mutu sarana prasarana, evaluasi sarana prasarana dan tindak lanjut mutu sarana prasarana di MTs N 1 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode desriptif melalui studi lapangan yang dilakukan di MTs N 1 Pekalongan. Adapun perolehan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan mutu sarana prasarana di MTs N 1 Pekalongan meliputi beberapa kegiatan diantaranya adalah rapat perencanaan setiap menjelang tahun ajaran baru, menganalisis SWOT, menentukan sasaran dan strategi peningkatan muru sarpras, dan menetapkan rencana kegiatan pengembangan sarpras. (2) Pelaksanaan mutu sarana prasarana dengan mengadakan barang untuk menunjang kegiatan pembelajaran, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan. (3) Evaluasi mutu sarana prasarana dilakukan dengan mengevaluasi rencana kegiatan peningkatan mutu dan evaluasi terhadap sarpras. (4) Tindak lanjut mutu sarana prasarana dilakukan dengan perbaikan program peningkatan mutu sarana dan prasarana. (5) dampak manajemen mutu sarana dan prasarana terhadap mutu pembelajaran.