Manajemen boarding school dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen
Main Author: | Shovawi, Mukhammad Labib |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17160/1/Skripsi_1703036008_Mukhammad_Labib_Shovawi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17160/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen boarding school di MAN 1 Kebumen, serta untuk mengetahui implikasi dari proses manajemen boarding school dalam meningkatkan prestasi siswa di MAN 1 Kebumen. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen, pada bulan Desember 2021. Subyek penelitian ini adalah Kepala asrama, pengurus asrama atau ustadz-ustadzah, dan peserta didik asrama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Manajemen boarding school di MAN 1 Kebumen, a) Perencanaan dilaksanakan melalui beberapa langkah yaitu menetapkan tujuan, menentukan Sumber Daya Manusia sebagai pelaku pelaksana kegiatan, penentuan program untuk mencapai tujuan. b) Pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan jadwal pembelajaran yang telah dibuat, adanya pendampingan belajar akademik oleh guru mapel, dan adanya peraturan atau tata tertib agar siswa selalu mengikuti kegiatan di asrama. c) Evaluasi dilaksanakan dengan evaluasi terhadap siswa asrama, dan evaluasi terhadap kinerja pengurus. (2) Implikasi manajemen boarding school dalam meningkatkan prestasi siswa di MAN 1 Kebumen. a) Implikasi positif, terbentuknya akhlakul karimah pada siswa asrama, munculnya sikap disiplin waktu, disiplin belajar dan disiplin ibadah, bertambahnya ilmu pengetahuan sehingga prestasi siswa meningkat. b) Implikasi negatif, siswa mengalami keletihan fisik, siswa kurang perhatian bahkan mengantuk pada saat pembelajaran di madrasah.