Kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati tahun 2021/2022

Main Author: Hartyanti, Norita Kris
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/1/Skripsi_1803096099_Norita_Kris_Hartyanti.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/
ctrlnum 17146
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/</relation><title>Kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati tahun 2021/2022</title><creator>Hartyanti, Norita Kris</creator><subject>371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)</subject><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Penelitian ini membahas tentang kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik tema 6 subtema 1 kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 sub tema 1 Aku dan Cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan pada penelitian ini adalah triangulasi dan pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kmampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo sudah baik. Guru sudah melakukan variasi seperti variasi dalam memusatkan perhatian, suara, variasi gerakan dan mimik, membuat gerakan berpindah, variasi pembuatan media dan alat peraga serta interaksi.&#xD; Permasalahan atau kendala yang dialami guru ketika melakukan pembelajaran adalah adanya beberapa materi yang sulit untuk dilakukan variasi atau dibuatkan media atau peraga, perbedaan karakteristik siswa sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi guru, serta kurangnya ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana penunjang variasi pembelajaran.</description><date>2022-04-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/1/Skripsi_1803096099_Norita_Kris_Hartyanti.pdf</identifier><identifier> Hartyanti, Norita Kris (2022) Kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>17146</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hartyanti, Norita Kris
title Kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati tahun 2021/2022
publishDate 2022
isbn 9781803096094
topic 371.1 Guru
tenaga pendidikan
(dosen kelaskan di 378.1)
371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/1/Skripsi_1803096099_Norita_Kris_Hartyanti.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/
contents Penelitian ini membahas tentang kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik tema 6 subtema 1 kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 sub tema 1 Aku dan Cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan pada penelitian ini adalah triangulasi dan pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kmampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo sudah baik. Guru sudah melakukan variasi seperti variasi dalam memusatkan perhatian, suara, variasi gerakan dan mimik, membuat gerakan berpindah, variasi pembuatan media dan alat peraga serta interaksi. Permasalahan atau kendala yang dialami guru ketika melakukan pembelajaran adalah adanya beberapa materi yang sulit untuk dilakukan variasi atau dibuatkan media atau peraga, perbedaan karakteristik siswa sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi guru, serta kurangnya ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana penunjang variasi pembelajaran.
id IOS2754.17146
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:14Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:14Z
recordtype dc
_version_ 1765821677902495744
score 17.538404