Kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati tahun 2021/2022
Main Author: | Hartyanti, Norita Kris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/1/Skripsi_1803096099_Norita_Kris_Hartyanti.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/ |
ctrlnum |
17146 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/</relation><title>Kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati tahun 2021/2022</title><creator>Hartyanti, Norita Kris</creator><subject>371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)</subject><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Penelitian ini membahas tentang kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik tema 6 subtema 1 kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 sub tema 1 Aku dan Cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan pada penelitian ini adalah triangulasi dan pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kmampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo sudah baik. Guru sudah melakukan variasi seperti variasi dalam memusatkan perhatian, suara, variasi gerakan dan mimik, membuat gerakan berpindah, variasi pembuatan media dan alat peraga serta interaksi.
Permasalahan atau kendala yang dialami guru ketika melakukan pembelajaran adalah adanya beberapa materi yang sulit untuk dilakukan variasi atau dibuatkan media atau peraga, perbedaan karakteristik siswa sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi guru, serta kurangnya ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana penunjang variasi pembelajaran.</description><date>2022-04-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/1/Skripsi_1803096099_Norita_Kris_Hartyanti.pdf</identifier><identifier> Hartyanti, Norita Kris (2022) Kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>17146</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hartyanti, Norita Kris |
title |
Kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati tahun 2021/2022 |
publishDate |
2022 |
isbn |
9781803096094 |
topic |
371.1 Guru tenaga pendidikan (dosen kelaskan di 378.1) 371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/1/Skripsi_1803096099_Norita_Kris_Hartyanti.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17146/ |
contents |
Penelitian ini membahas tentang kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik tema 6 subtema 1 kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik pada tema 6 sub tema 1 Aku dan Cita-citaku kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo Kabupaten Pati Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan pada penelitian ini adalah triangulasi dan pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kmampuan guru dalam melakukan variasi pembelajaran tematik kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Perdopo sudah baik. Guru sudah melakukan variasi seperti variasi dalam memusatkan perhatian, suara, variasi gerakan dan mimik, membuat gerakan berpindah, variasi pembuatan media dan alat peraga serta interaksi.
Permasalahan atau kendala yang dialami guru ketika melakukan pembelajaran adalah adanya beberapa materi yang sulit untuk dilakukan variasi atau dibuatkan media atau peraga, perbedaan karakteristik siswa sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi guru, serta kurangnya ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana penunjang variasi pembelajaran. |
id |
IOS2754.17146 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2023-02-24T21:14:14Z |
last_indexed |
2023-02-24T21:14:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821677902495744 |
score |
17.538404 |