Efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif dalam pembelajaran tematik kelas 5A MIN 5 Demak
Main Author: | Fauziyah, Rosyidatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17139/1/Skripsi_1803096060_Rosyidatul_Fauziyah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17139/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan google classroomterhadap hasil belajar kognitif dalam pembelajaran tematik kelas 5A MIN 5 Demak. Pendidik di MIN 5 Demak sudah mahir dalam mengoperasikan ITkarena mereka pernah mendapatkan pelatihan bimbingan teknis terkait penggunaan google classroom, namun masih minimnya sosialisasi kepada peserta didik, sehingga menyebabkan pemanfaatan aplikasi terhambat dikarenakan gadget yang dipakai peserta didik harus berbagi penggunaannya dengan orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab permasalahan apakah terdapat efektivitas penggunaan google classroomterhadap hasil belajar kognitif dalam pembelajaran tematik kelas 5A MIN 5 Demak. Penelitian ini menggunakan true eksperiment one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5A MIN 5 Demak berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara, tes (pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda), serta studi pustaka.Berdasarkan Uji dependent sample t test dapat diperoleh bahwa: t0> t tabel = 5,327 > 1,691. Karena t0 lebih besar daripada t tabel. Artinya terdapat efektivitas penggunaan google classroom terhadap pembelajaran tematik yang menggunakan hasil nilai pretest sebelum dilakukan treatment dan hasil nilai posttest setelah dilakukan atau diberikan treatment kepada siswa kelas 5A MIN 5 Demak.