Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji kelas II MI NU 35 Miftahul Ulum Weleri Kendal tahun ajaran 2021/2022
Main Author: | Nikmah, Zulfa Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17126/1/Skripsi_1703096102_Zulfa_Lailatul_Nikmah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17126/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas II MI NU 35 Miftahul Ulum Weleri Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen Rancangan penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji hipotesis yang menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan analisis uji-t, analisis korelasi biserial, dan analisis koefisien determinasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan analisis uji-t dengan t-hitung = 4,641 dan t-tabel = 1,714, karena t-hitung>t-tabel maka Ha diterima. Analisis korelasi biserial diperoleh r-hitung = 0,8265 yang menunjukkan tingkat korelasi sangat kuat. Pada analisis korelasi determinasi diketahui sebesar 68%. Artinya hasil diperoleh maka ada perbedaan rata-rata nilai post test dengan nilai pretest, dan ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa sebesar 68%.