Pendidikan karakter religius melalui Syi'ir Mitra Sejati pada materi pelajaran akidah akhlak kelas III di MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun 2021-2022

Main Author: Yarseh, Seti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17106/1/Skripsi_1603096124_Seti_Yarseh.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17106/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan Karakter Religius Melalui Syi’ir Mitra Sejati Pada Materi Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III Di MI Nashrul Fajar Kota Semarang Tahun 2021-2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala, wali kelas, siswa kelas III MI Nashrul Fajar Kota Semarang. Teknik analisa data yang digunakan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan karakter religius pada materi pelajaran akidah akhlak tentang materi pokok sikap rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari kelas III di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nashrul Fajar Kota Semarang ditunjukkan pada Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD). 2) pendidikan karakter religius melalui Syi’ir Mitra Sejati pada materi pelajaran akidah akhlak kelas III di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nashrul Fajar Kota Semarang tentang materi pokok sikap rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari menghasilkan sikap peserta didik yaitu a) mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru, teman, orang disekitanya, b) berbicara sopan dengan guru, teman, orang disekitanya, c) tawadhu’, d) percaya diri, e) mandiri, f) gemar shodaqoh dan infaq, g) peduli sesama, h) istiqomah beribadah sholat 5 waktu, mengaji dan patuh terhadap perintah orang tua, i) taat dengan peraturan sekolah, j) disiplin