Pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2021/2022
Main Author: | Anisah, Tuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17102/1/Skripsi_1603096090_Tuti_Anisah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17102/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal (sebab-akibat) yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dari variabel independen (bebas) terhadap variabel dependen (terikat). Data dikumpulkan dari data sampel yaitu 34 siswa kelas V A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar akidah akhlak dan metode angket digunakan untuk mengetahui perilaku terpuji siswa kelas V A di MI Nashrul Fajar Semarang. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment, analisi signifikan korelasi melalui uji t dan regresi satu prediktor. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2021/2022 diperoleh rxy > rtabel = 0,8152 > 0,339 dengan taraf signifikan 5% = 0,339. Dengan rxy > rtabel (0,05) berarti signifikan. Hal ini juga dibuktikan dari analisi signifikan korelasi melalui uji t diperolah thitung = 7,964, maka thitung = 7,964>ttabel (0,05 = 2,37) yang berarti korelasi antara X dan Y signifikan. Dari hasil regresi juga menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan garis regresi Y= 21,443 + 3,846X. Hal ini juga dibuktikan dari analisis regresi satu prediktor yang diperoleh Fhitung > Ftabel = 63,432 > 4,322 dengan pada taraf signifikansi 5% = 4,322. Dengan Fhitung > Ftabel (0,05) berarti signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar akidah akhlak mempunyai pengaruh positif terhadap disiplin berpakaian siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2021/2022.