Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan

Main Author: Rozi, Muhammad Fahrur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/1/Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/
ctrlnum 17093
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/</relation><title>Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan</title><creator>Rozi, Muhammad Fahrur</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)</subject><description>Kompetensi guru sangat mempengaruhi kualitas pelaksanaan pembelajaran siswa di kelas. Untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah salah satu caranya adalah melalui kebijakan kepala sekolah yang berpihak pada peningkatan kompetensi guru. Keberhasilan kebijakan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Sebagai pemimpin di sebuah lembaga, maka dia harus mampu membawa lembaga tersebut ke arah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.&#xD; Permasalahan dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan bagaimana kebijakn kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug.&#xD; Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan kebujakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug.&#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan: Kepala madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Staf Tata Usaha dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh.&#xD; Setelah melakukan pengumpulan data, penyajian data, dan analisis data diperoleh data bahwa peningkatan kompetensi guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dapat diraih melalui dua hal yaitu dengan usaha dari guru dan peran serta kepala sekolah. Upaya guru dalam rangka meningkatkan kompetensinya melalui empat hal, meliputi: kompetensi pedagogik, pribadi, sosial dan profesional. Kepala MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug. Peran kebijakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi terhadap program-program sekolah yang dilaksanakan. Program tersebut dijabarkan dalam bidang kurikulum, kesiswaan, personalia, keuangan dan sarana prasarana.</description><date>2022-06-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/1/Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi.pdf</identifier><identifier> Rozi, Muhammad Fahrur (2022) Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>17093</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rozi, Muhammad Fahrur
title Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan
publishDate 2022
isbn 9781503036062
topic 297.77 Islamic religious education
371.1 Guru
tenaga pendidikan
(dosen kelaskan di 378.1)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/1/Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/
contents Kompetensi guru sangat mempengaruhi kualitas pelaksanaan pembelajaran siswa di kelas. Untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah salah satu caranya adalah melalui kebijakan kepala sekolah yang berpihak pada peningkatan kompetensi guru. Keberhasilan kebijakan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Sebagai pemimpin di sebuah lembaga, maka dia harus mampu membawa lembaga tersebut ke arah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Permasalahan dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan bagaimana kebijakn kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan kebujakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan: Kepala madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Staf Tata Usaha dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh. Setelah melakukan pengumpulan data, penyajian data, dan analisis data diperoleh data bahwa peningkatan kompetensi guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dapat diraih melalui dua hal yaitu dengan usaha dari guru dan peran serta kepala sekolah. Upaya guru dalam rangka meningkatkan kompetensinya melalui empat hal, meliputi: kompetensi pedagogik, pribadi, sosial dan profesional. Kepala MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug. Peran kebijakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi terhadap program-program sekolah yang dilaksanakan. Program tersebut dijabarkan dalam bidang kurikulum, kesiswaan, personalia, keuangan dan sarana prasarana.
id IOS2754.17093
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:13Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:13Z
recordtype dc
_version_ 1765821677486211072
score 17.538404