Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan
Main Author: | Rozi, Muhammad Fahrur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/1/Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/ |
ctrlnum |
17093 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/</relation><title>Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan</title><creator>Rozi, Muhammad Fahrur</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)</subject><description>Kompetensi guru sangat mempengaruhi kualitas pelaksanaan pembelajaran siswa di kelas. Untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah salah satu caranya adalah melalui kebijakan kepala sekolah yang berpihak pada peningkatan kompetensi guru. Keberhasilan kebijakan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Sebagai pemimpin di sebuah lembaga, maka dia harus mampu membawa lembaga tersebut ke arah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
Permasalahan dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan bagaimana kebijakn kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan kebujakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan: Kepala madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Staf Tata Usaha dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh.
Setelah melakukan pengumpulan data, penyajian data, dan analisis data diperoleh data bahwa peningkatan kompetensi guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dapat diraih melalui dua hal yaitu dengan usaha dari guru dan peran serta kepala sekolah. Upaya guru dalam rangka meningkatkan kompetensinya melalui empat hal, meliputi: kompetensi pedagogik, pribadi, sosial dan profesional. Kepala MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug. Peran kebijakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi terhadap program-program sekolah yang dilaksanakan. Program tersebut dijabarkan dalam bidang kurikulum, kesiswaan, personalia, keuangan dan sarana prasarana.</description><date>2022-06-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/1/Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi.pdf</identifier><identifier> Rozi, Muhammad Fahrur (2022) Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>17093</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rozi, Muhammad Fahrur |
title |
Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan |
publishDate |
2022 |
isbn |
9781503036062 |
topic |
297.77 Islamic religious education 371.1 Guru tenaga pendidikan (dosen kelaskan di 378.1) |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/1/Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093/ |
contents |
Kompetensi guru sangat mempengaruhi kualitas pelaksanaan pembelajaran siswa di kelas. Untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah salah satu caranya adalah melalui kebijakan kepala sekolah yang berpihak pada peningkatan kompetensi guru. Keberhasilan kebijakan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Sebagai pemimpin di sebuah lembaga, maka dia harus mampu membawa lembaga tersebut ke arah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
Permasalahan dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan bagaimana kebijakn kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan kebujakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan: Kepala madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Staf Tata Usaha dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh.
Setelah melakukan pengumpulan data, penyajian data, dan analisis data diperoleh data bahwa peningkatan kompetensi guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dapat diraih melalui dua hal yaitu dengan usaha dari guru dan peran serta kepala sekolah. Upaya guru dalam rangka meningkatkan kompetensinya melalui empat hal, meliputi: kompetensi pedagogik, pribadi, sosial dan profesional. Kepala MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug. Peran kebijakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi terhadap program-program sekolah yang dilaksanakan. Program tersebut dijabarkan dalam bidang kurikulum, kesiswaan, personalia, keuangan dan sarana prasarana. |
id |
IOS2754.17093 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2023-02-24T21:14:13Z |
last_indexed |
2023-02-24T21:14:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821677486211072 |
score |
17.538404 |