Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP IT Al-Ma’ruf Mranggen Demak

Main Author: Khoirullah, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17090/1/Skripsi_1503036046_Ahmad_Khoirullah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17090/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti mengenai peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru terutama di bidang pedagogik. Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP IT Al Ma’ruf Candisari Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah di SMP IT Al Ma’ruf Candisari Mranggen Demak yaitu (a) Sebagai pendidik, (b) Manajer, (c) Administrator, (d) Supervisor, (e) Leader, (f) Inovator, dan (g) Motivator. (2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP IT Al Ma’ruf Candisari Mranggen Demak yaitu dengan cara mengikutsertakan guru dalam berbagai kegaiatan meliputi: (a) Diklat MGMP, (b) Kursus kependidikan, dan (3) Acara workshop kependidikan. Saran: Kepala sekolah lebih memperhatikan peran yang dilakukan dengan berbagai kegiatan tersebut karena dinilai sebagai pendukung utama dalam proses meningkatkan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik.