Pengaruh laboratorium alam terhadap pemahaman konsep IPA materi sumber energi panas pada siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum Jogoloyo Demak tahun ajaran 2021/2022
Main Author: | Syafiah, Ida Zahrotus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17066/1/Skripsi_1503096072_Ida_Zahrotus_Syafiah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17066/ |
Daftar Isi:
- Guru kurang memanfaatkan pembelajaran di luar kelas yang menarik dan menyenangkan dan masih sering menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Hal ini menyebabkan peserta didik jenuh (bosan), kurang aktif dalam proses pembelajaran dan pemahaman dalam memahami materi masih kurang. Adapun rumusan masalah peneliti ini adalah apakah terdapat pengaruh laboratorium alam terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA materi Sumber Energi Panas pada Siswa Kelas IV di MI Miftahul Ulum Jogoloyo Demak? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berbentuk eksperimen jenis kuantitatif mengenai pengaruh laboratorium alam terhadap pemahaman konsep IPA materi Sumber Energi Panas pada Siswa Kelas IV di MI Miftahul Ulum Jogoloyo Demak menggunakan desain One Group Pretest-Postet Design. yaitu menempatkan subjek penelitian ke dalamsatu kelompok saja. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, meliputi: (1) Pelaksanaan kegiatan belajar laboratorium alam siswa dapat aktif, senang dan nyaman dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran. (3) Perhitungan uji perbedaan rata-rata pretest dan posttest diperoleh thitung = 8,659 dan ttabel= 2,004.Karena thitung > ttabel berarti Ha di terima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh pemahaman konsep IPA materi Sumber Energi Panas dengan menggunakan laboratorium alam.