Manajemen ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah Sedan

Main Author: Nikmah, Intan Ma’rifatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17057/1/Skripsi_1503036006_Intan_Ma%27rifatun_Nikmah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17057/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas bagaimana pelaksanaan manajemen esktrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya prestasi anak siswa Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah dalam kegiatan Hadrah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi? (2) Apa faktor pendukung dan Faktor penghambat Ekstrakurikuller hadrah dalam meningkatkan prestasi? Permasalahan dibahas dalam studi lapangan, sebagai sumber data ialah kepala sekolah, guru pembimbing, dan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah untuk mendapatkan potret pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler hadrah. Data diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan prestasi Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Thalabah dilakukan dengan cara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan menetapkan target untuk siswa dalam mengetahui cara penggunaan pemula alat hadrah, pelaksanaannya dengan menggunakan tiga metode yaitu dengan ceramah, putar video dan praktek langsung. Kemudian evaluasi yang dilakukan yaitu dengan cara tes tulis maupun prakrek dan rapat koordinasi tim ekstrakurikuler. 2) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler hadrah adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orangtua, orantua yang mendampingi anaknya dan motivasi yang tinggi. Adapun faktor penghambatny adalah perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dan orangtua yang kurang memperhatikan.