Implementasi teknik komunikasi persuasif Majalah Bobo edisi Mei 2020 dalam mengajarkan kebaikan pada anak

Main Author: Anwar, Syadza Haniya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17036/1/Skripsi_1701026079_Syadza_Haniya_A.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17036/
Daftar Isi:
  • Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang memiliki tujuan untuk memediasi pembicaraan yang bersifat memperkuat, memberikan ilustrasi, dan informasi kepada masyarakat. Namun, tujuan pokok dari komunikasi persuasif adalah menguatkan atau mengubah sikap dan tingkah laku. Komunikasi persuasif tidak hanya digunakan melalui lisan saja, namun bisa juga digunakan dengan tulisan. Karya tulis dalam bentuk majalah anak yang di dalamnya berisi ajakan kebaikan sehingga mudah untuk dipahami anak melalui Majalah Bobo Edisi Mei 2020. Pada penelitian ini, penulis meneliti implementasi teknik komunikasi persuasif yang terdapat di dalam rubrik Majalah Bobo Edisi Mei 2020 dalam mengajarkan kebaikan pada anak. Penelitian yang dipakai oleh peneliti ialah deskriptif kualitatif, pendekatannya memakai analisis isi (content analysis) yang akan menganalisis dan mendiskripsikan teknik komunikasi persuasif pada penelitian yang dilakukan di rubrik Majalah Bobo Edisi Mei 2020. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi. Suatu teknik yang digunakan saat mencari data pada subjek berupa tulisan dengan prosedur pengunitan, kategorisasi, dan analisis data. Hasil menunjukkan terdapat tiga teknik komunikasi persuasif pada Majalah Bobo Edisi Mei 2020 dalam mengajarkan kebaikan pada anak, yaitu Teknik Asosiasi, Teknik Ganjaran (Pay of Technique), dan Teknik Tataan (Icing Technique).