Makna pesan dakwah pada desain komunikasi visual akun Instagram @qomikin

Main Author: Megantara, Riau Liswanda Elang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17030/1/Skripsi_1701026026_Riau_Liswanda.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17030/
Daftar Isi:
  • Instagram menjadi salah satu media sosial yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan berdakwah secara cepat dan menyeluruh. Penyampaian pesan dakwah melalui instagram dapat berupa karya desain. Dalam pembuatan desain perlu adanya unsur seperti warna, tipografi dan ilustrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna tanda pada desain dan makna pesan dakwah yang disampaikan akun instagram @qomikin. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce, yang memiliki tujuan untuk mencari makna tanda pada desain ilustrasi melalui identifikasi tanda ikon, indeks, dan simbol. Terdapat enam unggahan yang dianalisis melalui empat tahapan yaitu mengkategorisasikan desain ilustrasi tersebut sesuai dengan tiga masalah pokok aqidah, syari’ah dan akhlak, menginterpretasikan jenis tanda yang terdapat dalam desain ilustrasi, memaknai pesan dakwah yang disampaikan dalam desain ilustrasi, lalu menarik kesimpulan dari hasil dari hasil interpretasi terhadap tanda yang terdapat dalam desain ilustrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa enam desain ilustrasi unggahan akun instagram @qomikin yang dianalisis sebagian besar menggunakan unsur ikon, indeks dan simbol yang digunakan untuk menginterpretasikan suatu makna tanda visual. Dari segi elemen komunikasi visual, desain ilustrasi akun instagram @qomikin mendominasi terhadap elemen ilustrasi yang dijadikan sebagai ikon utama. Sedangkan dalam makna pesan dakwah, akun @qomikin menggunakan tema tentang akidah, syari’ah dan akhlak yang sesuai dengan tiga masalah pokok pada materi dakwah. Dapat disimpulkan bahwa akun instagram @qomikin mengandung pesan dakwah yang ditujukan kepada pengguna instagram terutama kalangan milenial dengan menggunakan dakwah yang menarik.