Strategi peningkatan minat muzakki membayar zakat di NU Care-LAZISNU Jawa Tengah

Main Author: Prihatiningsih, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17015/1/Skripsi_1601036049_Dwi_Prihatiningsih.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17015/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditulis oleh saudari Dwi Prihatiningsih (1601036049) dengan judul “STRATEGI PENINGKATAN MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI NU CARE-LAZISNU JAWA TENGAH”. Secara eksplisit tujuan dari Undang-Undang Pengelolaan Zakat adalah untuk mendongkrak pendayagunaan dan pemanfaatan dari pengelolaan zakat, infak, dan shodaqoh di Indonesia. Penggelolaan zakat harus diformalisasikan sesuai dengan syariat Islam dan harus memenuhi asas-asas amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi, dan akuntabilitas sehingga dapat meningkatkan efektifitas pelayanan. Di Indonesia sudah banyak berdiri lembaga-lembaga zakat yang dikelola oleh pihak swasta maupun pemerintah, salah satu contoh lembaga pengelolaan zakat, infaq, dan shodaqoh adalah Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Nahdlotul Ulama Jawa Tengah (LAZISNU Jateng). fokus penelitian pada permasalahan untuk mengetahui manfaat strategi yang digunakan NU CARE-LAZISNU Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh NU CARE-LAZISNU Jawa Tengah dalam meningkatkan minat muzakki di Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk pendekatan peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa NU CARE- LAZISNU Jawa Tengah menggunakan dua strategi. Pertama adalah strategi secra online, strategi tersebut meliputi : Instagram, Facebook, Website, Iklan. Sedangkan untuk strategi kedua yaitu strategi offline yaitu : Penyampaian surat himbauan, penyampaian surat penawaran program, Penyebaran marketing tools di wilayah prospek, proposal, kegiatan sosial.