Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas IV di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas IV di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh substansi mata pelajaran Al-Qur'an Hadits yang memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan kegamaan (tauhid) dan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari, serta kecenderungan proses pembelajaran di kelas yang tidak menunjukkan pendidikan karakter, dari desain perencanaan yang masih cenderung berpusat kepada guru, KBM yang terjadi tidak kontekstual dengan kehidupan anak dan evaluasi akhir yang jarang dilakukan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: "Bagaimanakah implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas IV di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang?". Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologis dan analisis diskriptif. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kajian ini menunjukkan bahwa: penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an hadits kelas IV di MIT Nurul Islam dilakukan dengan cara memberikan pemahaman, pembiasaan dan keteladanan kepada peserta didik. Pemahaman diberikan dengan cara menjelaskan secara mendalam, memberi ceramah, cerita atau nasihat. Pembiasaan diberikan dalam bentuk: membaca Al-Qur'an dengan benar, menghafal juz 'amma, dan membiasakan untuk jujur, disiplin, cinta ilmu, kreatif dan menghargai prestasi. Sedangkan Keteladanan yang diberikan guru ialah dengan mencontohkan bagaimana cara membaca Al-Qur’an yang benar sesuai ilmu tajwid, disiplin, sopan santun dan peduli. Penerapan penilaian pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan belum memiliki standar (indikator) yang ditetapkan, sehingga belum diketahui secara pasti apakah penerapan pendidikan krakter yang dilakukan sudah berhasil atau belum. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits.