Bimbingan sosial untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal di Panti Pelayanan Anak Kasih Mesra Demak

Main Author: Pradasari, Indah Riza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16982/1/Skripsi_1501016135_Indah_Riza_Pradasari.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16982/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latarbelakangi oleh kondisi penerima manfaat yang tinggal di panti, dan mereka diharuskan untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada seluruh penghuni panti. Mereka harus bisa mengikuti semua aturan yang ada di panti. Namun dikarenakan latar belakang mereka yang berbeda- beda maka, tidak semua penerima manfaat yang ada di panti bisa berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan sosial untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal di panti Pelayanan Anak Kasih Mesra Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan objek penelitiannya adalah penerima manfaat dan pembimbing yang ada di panti pelayanan anak Kasih Mesra Demak. Dengan teknik pengumpulan data yanh digunakan adalah observasi, wawancara. Teknik analisis adalah mengolah data dan menganalisis data- data yang terkumpul menjadi data yang sistematik, teratur, terstruktur dan mempunyai makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesulitan dalam berkomunikasi yang didapat bahwa anak-anak yang kebanyakan remaja ini dalam segi kesopanan terlihat kurang. Kesopanan dalam bertutur kata, bertingkahlaku maupun berpakaian. Komunikasi interpersonal secara positif memberikan konstribusi dalam mengurangi beban psikologi dan menekan sumber tekanan emosi individu, selanjutnya dapat berfungsi mencapai keharmonisan sosial, membentuk emosi yang menyenangkan, keamanan dan ketenangan. Bimbingan sosial yang dilakukan di panti Kasih Mesra Demak Bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada anak asuh, melalui bimbingan kerjasama, bimbingan dinamika kelompok dan bimbingan peran yang dilakukan di panti dapat terbentuk hubungan interpersonal yang melibatkan adanya perasaan saling memahami, mengerti, menerima, empati, saling terbuka dan adanya mekanisme persahabatan dan pertemanan.