Strategi pelayanan prima biro perjalanan umrah Rima Tour Semarang di masa pandemi

Main Author: Aisy, Sania Rihadatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16981/1/Skripsi_1701056040_%20Sania_Rihadatul_Aisy.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16981/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan Negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Ibadah umroh dan haji menjadi salah satu kewajiban umat muslim yang mampu. Hal ini menjadikan peranan biro umrah dan haji penting berperan dalam ikut menyelenggarakan ibadah tersebut. Pelayanan yang diberikan biro dapat mempengaruhi keberlangsungan keberadaan biro karena berkaitan dengan kepercayaan jemaah yang dilayani. Adanya pelayanan prima di masa pandemi covid-19, perusahaan biro umrah harus tetap memberikan pelayanan terbaiknya yang sesuai dengan aturan pemerintah. Maka, pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi membutuhkan strategi yang harus dijalanankan agar dengan adanya strategi pelayanan prima perusahaan dapat berkembang dan jemaah dapat percaya dari pengelolaan pelayanan Rima Tour Semarang. Penjelasan latar belakang tersebut terdapat rumusan masalah yang berkaitan bagaimana strategi pelayanan prima Rima Tour Semarang di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait strategi pelayanan prima di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penilitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data-data yang diperoleh yakni dari dokumen-dokumen tertulis maupun informasi dari pimpinan, customer service, serta jemaahnya yang berkaitan dengan strategi pelayanan prima pada masa pandemi di Rima Tour Semarang. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa strategi pelayanan prima yang dilaksanakan biro Rima Tour Semarang yaitu dengan pemberian layanan prima meliputi pendaftaran secara langsung, selain itu jemaah juga bisa mendaftar umrah secara online yang akan dipermudah dari bantuan pihak Rima Tour. Bimbingan manasik umrah saat pandemi prosesnya dilakukan secara privat bertemu langsung di rumah calon jemaah sehingga tetap patuh protokol kesehatan pandemi covid-19 dan mempermudah calon jemaah memahami proses pelaksanaan ibadah umrah. Tanggung jawab pelayanan Rima Tour diterapkan dalam trasnportasi, akomodasi, konsumsi, dan kesehatan secara khusus yang diberikan selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam menangani covid-19. Dengan begitu adanya strategi pelayanan prima dapat menjadikan kepercayaan jemaah serta membentuk loyalitas pelanggan.